“Cemburu Tanda Sayang (…..kah?)”

Dalam dunia romantika, ada dua energi yg saling bertabrakan: Cinta dan Ego. Cinta/sayang adlah energi yg membahagiakan. Sedangkan ego adlah energi yg mnjdi sumber kesengsaraan.

Kita paham itu. Tapi lucunya, kita jarang sadar bhwa ego sering menyamar mnjdi Cinta. Saking halus penyamarannya, logika & nurani pun bisa ditipunya.

Kasus penyamaran ini bisa dilihat pada prinsip dasar hubungan cinta manusia:

“Cemburu adalah tanda Sayang”

Ini jelas tepat & tdk perlu diganggu gugat. Kalo pacar sy dekat dgn pria lain, maka sy cemburu. Artinya sy sayang pacar sy. Clear & logic bukan?

Namun dari hasil kontemplasi dan kalkulasi matematik tingkat tinggi yg saya lakukan, saya justru mnjadi agak ragu pada Prinsip ini.

Ahhh…mungkin interpretasi saya yg salah…

Saya periksa lagi analisa saya, lalu saya plot ulang grafik regresi linier yg saya buat, ternyata kesimpulannya sama saja:

Cemburu bukan tanda Sayang, tapi…

1) Cemburu adalah Rasa Takut kita pada Saingan. Rasa Takut bila Kalah Saing.

Jika ada wanita yg jauh lebih cantik, lebih seksi, dan lebih ramah darimu sedang dekat dgn priamu, kamu pasti cemburu berat. Benar nggak?? Tapi kalau yg mendekati priamu adalah wanita dekil, tompelan, gendut, jarang mandi, dan bau jigongnya setara dgn napas Vampir China, kenapa kamu tidak lagi terlalu cemburu?? Apakah karena kamu merasa di atas angin bersaing dgn wanita seburuk dia?? Dan, masih layakkah cemburumu disebut tanda Sayang??

************

2) Cemburu adalah Rasa takut Sengsara bila ditinggalkan Pasangan.

Apa yg kamu rasakan bila wanita/pria-mu meninggalkan kamu dan lebih memilih orang lain? Atau apa yg kamu rasakan saat kekasihmu bercumbu basah dgn org lain di depan kedua matamu?? Sengsara tingkat neraka kan?!
Karena sistem kerja otak manusia adalah mencari nikmat dan menghindari sengsara, maka saat ada wanita/pria ketiga dalam hubunganmu, Ego mu akan mengambil alih pikiranmu. Seperti gambar hologram, ego mu akan memvisualisasikan kesengsaraan yg akan menimpamu, dan menyuruhmu utk cemburu agar kamu tdk jadi sengsara. Itu terjadi dalam sekejap, tanpa kamu sadari. Sadar gak? Ya jelas enggak lah.

*************

3) Cemburu adalah tanda Betapa Lemahnya Dirimu utk Bisa Bahagia Sendiri

Karena takut sendiri, seseorang biasanya mnjadi sangat cemburu dan over protektif trhadap pasangannya. Jika kehadiran pasangan membuatmu bahagia, berarti tangki jiwamu belum penuh dgn kebahagiaan. Makanya kamu brharap pasanganmu membuatmu bahagia. Itu konyol Kawan. Sebab yg bisa membahagiakan dirimu ya cuma dirimu sndiri. Jadi, jangan berpacaran karena Pelarian, jangan pacaran karena Takut Sendiri, dan jangan pacaran karena Takut dibilang Enggak Laku. Pacaranlah hanya karena kamu cinta.

***************

4) Cemburu bukanlah tanda Sayang, tapi Rasa Ego utk Memiliki

Cinta itu memberi, bukan mengikat apalagi berusaha mengendalikan. Cinta itu membebaskan, bukan saling tuntut. Juga bukan saling menguasai. Tidak ada manusia yg boleh menguasai manusia lainnya. Tidak ada manusia yg berhak memiliki manusia lainnya. Manusia bukan objek/benda mati, manusia adalah subjek yg punya kebebasan. Sekarang tidak lagi zaman perbudakan. Semua bebas mencintai dan dicintai siapa saja. Jika kamu cemburu kepada pasanganmu, itu sbenarnya rasa ego yg menyamar sebagai cinta. Ego yg membuatmu berpikir bhwa org yg bersamamu saat ini adalah milikmu —yg berhak kamu atur2, dan berhak kamu cemburui.

***********

Jika cemburu membuatmu sengsara, galau, putus asa lalu mati muda,…masihkah kamu perlu cemburu???

Think that Babe!!!

by: Tulus Budhi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s